RPP Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 semester 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Satuan Pendidikan    : SMA Islam Daarul Arham
Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                 : XI / Semester 2
Materi                                 : Teks Ulasan Film/Drama
Jumlah Pertemuan              : 3 pertemuan (6 X 45’)

A. Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.     Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.     Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prose-dural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.     Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.        
1.3 Mensyukuri anugerah
Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar,
dan menyajikan  informasi lisan dan tulis melalui   film/drama

2.
2.5 Menunjukkan perilaku jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam penggunaan bahasa Indonesia untuk menyampaikan penjelasan

2            
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks ulasan film atau drama

3.1.1 Menentukan  struktur  teks ulasan  film atau drama.
3.1.2 Menentukan  kaidah  teks ulasan film atau drama.
3            
4.1 Menginterpretasi makna  teks ulasan film atau drama dibuat baik secara lisan mupun tulisan
  

4.1.1  Memaknai /menafsirkan  teks ulasan atau drama

C. Tujuan Pembelajaran
1. Mensyukuri anugerah
Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar,
dan menyajikan  informasi lisan dan tulis melalui  ulasan/reviu film/drama

2. Menunjukkan perilaku jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam penggunaan bahasa
   Indonesia untuk menyampaikan penjelasan
3.peserta didik dapat menjelaskan struktur dan kaidah teks ulasan film/drama.
4.Peserta didik dapat menafsirkan  makna i teks ulasan film/drama,.

D. Materi Pembelajaran
Fakta
·         Teks ulasan film/drama 
        Konsep
·         Struktur isi  teks ulasan film/drama 
·         Kaidah bahasa/ciri bahasa teks ulasan film/drama 
·         Makna teks ulasan film/drama .
        Prosedur
·         Langkah-langkah   menemukan  struktur dan kaidah teks ulasan film atau drama.
·         Langkah-langkah memaknai  teks ulasan film/drama.


Prinsip
Prinsip menemukan  teks ulasan film/drama:
·      Ulasan film/drama harus dikembangkan berdasarkan data otentik dengan memberikan contoh atau bukti konkrit.
·      Ulasan film/drama disajikan secara santun, bersifat mengapresiasi bukan sekedar memberikan label negatif.

E. Metode
·      Pendekatan          : Saintifik, Discovery
·      Metode                   : Curah pendapat,  diskusi, dan penugasan

F.   Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
Media
·      Rekaman film/drama
·      Beragam contoh teks ulasan film/drama   dari internet
Alat
·      LCD

Sumber Pembelajaran
Maryanto; Nurhayati;Elvi Suzanti; dan Anik Muslikah. 2014. Bahasa Indonesia. Ekpresi  Diri dan Akademik. Jakarta: Politeknik Negeri Media Kreatif.

G.Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Pendahuluan (10 menit)
1.     Salah seorang peserta didik memimpin berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
2.     Peserta didik dan pendidik melakukan curah pendapat tentang fungsi teks ulasan film/drama dan teks resensi kumpulan cerpen  dalam kehidupan sehari-hari setelah menyimak rekaman video ulasan film/drama (untuk menumbuhkan motivasi peserta didik dalam mempelajari teks ulasan film/drama).
3.     Pendidik menyampaikan  tujuan pembelajaran.
4.     Peserta didik menyepakati kegiatan yang akan dilakukan.

A.      Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahujluan
·      Peserta didik merespon  salam tanda mensykuri anugerah Tuhan  dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan  pembelajaran sebelumnya.
·      Peserta didik menerima informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·      Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·      Peserta didik berhitung dari nomor  1,2,3,4.
·      Peserta didik bekelompok sesuai dengan nomor yang sama dengan jujur.
15  menit
Inti
·      Peserta didik membaca teks ulasan drama  dengan disiplin (mengamati).
·      Peserta didik mencermati struktur dan kaidah/ciri bahasa teks  ulasan film atau drama  disiplin (mengamati).
·      Peserta didik bertanya jawab dengan proaktif tentang struktur dan kaidah/ciri bahasa teks  ulasan film atau drama  dengan disiplin (menanya).
·      Secara berdiskusi peserta didik menentukan struktur dan kaidah/ciri bahasa teks ulasan dramai dengan penuh tanggung jawab. (mencoba dan mengasosiasi)
·      Secara berdiskusi peserta didik menginterpretasi makna/isi teks  ulasan film atau drama  dengan penuh tanggung jawab (mengasosiasi)
·      Peserta didik secara berkelompok menuliskan ulasan film atau drama hasil kerja kelompok tentang struktur dan kaidah, serta memaknai. (mengomunikasikan)
·      Secara bergantian setiap kelompok membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas (mengomunikasikan)
·      Kelompok lain menanggapi kelompok yang maju ke depan kelas dengan proaktif .

10 menit

15 menit

20 menit

25 menit


25 menit

10 menit


 30 menit

10 menit
Penutup
Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari
Peserta didik melakukan evaluasi pembelajaran.
Peserta didik saling memberikan umpan balik hasil evaluasi pembelajaran yang telah dicapai.
Peserta didik menyepakati tugas portofolio, yakni mencari dan menentukan struktur dan ciri bahasa dalam teks ulasan film atau drama  yang dibacanya.
20 menit 


B.      Penilaian Proses dan Hasil Belajar
1.       Penilaian proses 
Penilaian Sikap
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
1.
Religius
Pengamatan
Proses

Lembar Pengamatan
2.
Jujur
3.
Tanggung JawabDisiplin
4.
Disiplin

2.       Penilaian Hasil
a.     Penilaian Pengetahuan
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
1.
Menjelaskan struktur teks ulasan film atau drama
Tes tertulis
uraian
Jelaskan struktur teks ulasan film atau drama!
2.
Menjelaskan ciri bahasa ulasan film atau drama
Tes tertulis
uraian
Jelaskan kaidah  teks ulasan  film atau drama !

 b. Penilaian Keterampilan
No.
Menafsirkan isi teks ulasan film atau drama
Teknik penilaian
Bentuk penilaian
Instrument
1
Menafsirkan isi teks ulasan film atau drama
Tes tertulis
uraian
Tafsirkan isi teks ulasan film atau drama!

Pedoman Penskoran
No. Soal
Petunjuk Penskoran
Skor
1.
Tepat
3
Kurang tepat
2
Tidak tepat
1
2.

Tepat
3
Kurang tepat
2
Tidak tepat
1
3.
Tepat
3
Kurang tepat
2
Tidak tepat
1
4
Tepat
3
Kurang tepat
2
Tidak tepat
1

   Keterangan
Nilai =     Perolehan skor            x  100     
            Jumlah skor maksimal
                                                                                                         Tenjo,                        2014

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                   Guru Mata Pelajaran



HOSYIANA, SE                                                                                FITRIYANTORO, SE.I

2 komentar:

Unknown mengatakan...

KISAH SUKSES SAYA DARI HONORER JADI PNS no hp bpk sudwidjo beliau selaku kepala deputi bidang mutasi di BKN pusat yang telah membantu saya jadi PNS 0852-3042-5444

KISAH CERITA SAYA JADI PNS Assalamu Alaikum wr-wb,Mohon maaf mengganggu waktu dan aktifitas ibu/bapak,saya cuma bisa menyampaikan melalui pesan singkat dan semoga bermanfaat, saya seorang honorer baru saja lulus jadi PNS tahun lalu, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di sekolah dasar, Sudah 7 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 5 kali mengikuti ujian, tidak pernah lolos bahkan saya sempat putus asah,namun teman saya memberikan no telf Bpk drs sudwidjo yang bekerja di BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur 13640 sebagai Kepala deputi bidang mutasi kepegawaian yang di kenalnya di bkn jakarta dan saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya anda bisa, Hubungi Bpk DRS SUDWIDJO KUSPRIYO MURDONO. M. SI no telf beliau yang selalu aktif 0852-3042-5444 siapa tau beliau masih bisa membantu anda wassalam.

Anonim mengatakan...

Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Sri Rahayu asal Surakarta, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil di daerah surakarta, dan disini daerah tempat mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-1144-2258 atas nama Drs Muh Tauhid SH.MSI beliaulah yang selama ini membantu perjalanan karir saya menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL, alhamdulillah berkat bantuan bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI SK saya dan 2 teman saya tahun ini sudah keluar, bagi anda yang ingin seperti saya silahkan hubungi bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI, siapa tau beliau bisa membantu anda

Posting Komentar

Free Website templatesFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesSEO Web Design AgencyMusic Videos OnlineFree Wordpress Themes Templatesfreethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree Web Templates