Tunjangan Profesi Guru Kemenag Cair 2016

Tunjangan profesi guru PNS Non PNS Guru Honorer Kementrian Agama dipastikan akan cair di tahun 2016. Tentunya hal ini akan menjadi kabar gembira bagi para guru hononer Non PNS Kemenag akan mendapatkan rapelan TPG awal tahun 2016.

Hal ini diungkapkan oleh Deding Ishak selaku Wakil Ketua Komisi VIII seperti dilansir dari antaranews.com terkait dengan pembayaran tunjangan profesi guru (TPG) non-PNS Kemenag.


Tunjangan Profesi Guru Kemenag Cair 2016

Deding Ishak menjelaskan tunjangan para guru agama honorer ini akan cair mulai 2016.

"Selama ini kita sering mendapatkan pengaduan dari para guru yang tunjangannya tidak terbayarkan. Makanya kita bersama-sama memperjuangkan dan Alhamdulillah akhirnya lahir SK inpassing untuk merelokasi anggaran tambahan pembayaran tunjangan guru honorer," katanya.

Selama ini Komisi VIII sering mendapat pengaduan dari para guru honorer yang tunjangannya belum dibayarkan, baik tahun 2015 bahkan ada yang dari 2014. Tunjangan itu beraneka ragam mulai dari tunjangan profesi, sertifikasi, inpassing yang tidak bisa dibayarkan akibat tidak ada anggaran.

Dalam pembahasan Rencana Kerja Anggaran Kementerian dan Lembaga (RKA K/L) antara Komisi VIII dan Kementerian Agama disepakati bahwa untuk membayarkan tunjangan terutang para guru agama honorer itu maka perlu direlokasikan sejumlah anggaran di Surat Berharga Syariah Negara (SBSN)), Ditjen Pendidikan Islam, Ditjen Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh, Litbang hingga kesekjenan.

"Ini hasil perjuangan semua fraksi di Komisi VIII yang selama ini sering mendapat pengaduan dari para guru yang datang ke Komisi VIII maupun saat mereka turun ke dapil," katanya.

Anggota Komisi ini banyak mendapatkan keluhan tentang tunjangan guru-guru agama honorer yang belum terbayarkan.

Komisi VIII DPR akhirnya berhasil memperjuangkan aspirasi para guru agama non-PNS yang selama ini tunjangannya tak terbayarkan karena pemerintah setuju menyediakan anggaran Rp1,4 triliun untuk pencairan pembayaran tunjangan sertifikasi guru honorer kementrian agama tahun 2016.

Tata Cara Pembayaran Tunjangan Profesi GBPNS Pada Kemenag


GBPNS adalah guru bukan pegawai negeri sipil pada satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah, pemerintah daerah dan masyarakat sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Guru-guru non-PNS di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag) harus lebih bersabar menunggu pencairan tunjangan profesi guru (TPG). Sebab Kemenag merencanakan TPG tahun anggaran 2016 baru cair April mendatang.

Sekjen Kemenag Nur Syam mengatakan, Kemenag baru saja mengeluarkan Peraturan Menteri Agama (PMA) 43/2014 tentang tata cara pembayaran TPG bagi guru bukan PNS (GBPNS). "Dalam aturan ini, memang dinyatakan bahwa pencairan 2016 di mulai Januari".

Pembayaran Tunjangan Profesi bagi GBPNS sebelumnya telah diatur dalam Keputusan Menteri Agama Nomor 73 Tahun 2011 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pembayaran Tunjangan Profesi dan Bantuan Tunjangan Profesi Guru/Pengawas dalam Binaan kementerian Agama.

Inpassing Guru Non PNS 2015-2016


Nur Syam selaku Sekjen Kemenag kembali menjelaskan besaran TPG bagi guru non-PNS ditetapkan sebesar Rp 1,5 juta per bulan. Nominal ini dikecualikan bagi guru-guru non-PNS yang mengikuti program inpassing (penyetaraan).

Guru yang mengikuti program penyetaraan, mendapatkan TPG seperti PNS untuk golongan pangkat tertentu sesuai dengan tingkatan inpassing-nya.

Mantan Rektor IAIN (sekarang UIN) Sunan Ampel Surabaya itu menjelaskan, pencairan TPG tahun depan tidak akan molor seperti periode sebelumnya. Sebab saat ini anggaran Kemenag tidak lagi ditahan (dibintangi) oleh DPR seperti pada 2013 lalu.

Sumber : http://abufarras.blogspot.co.id

58 komentar:

leni mengatakan...

bersyukurlah gbpns gaji bisa sama pns tanpa prsyaratan naik tingkat , tanpa perlu pesyaratan "

Unknown mengatakan...

Lalu kpn ada inpassing lg??
Sy blm bs mengikutinya dl krn blm terima ijazah s1.

Unknown mengatakan...

Semoga berita pencairan tunjangan sergu maupun inpassing ini bukan hanya wacana, karena hanya ini yang d tunggu2 GBPNS. Tolong perhatikan nasib kami. terima kasih

Unknown mengatakan...

Semoga berita pencairan tunjangan sergu maupun inpassing ini bukan hanya wacana, karena hanya ini yang d tunggu2 GBPNS. Tolong perhatikan nasib kami. terima kasih

siti hawa mengatakan...

Alhmdu lillah... semoga cepat terlaksana
Tidak hanya sekedar wacana..

Anonim mengatakan...

yaqiiiin caiiir????????????

BIKIN RUMAH mengatakan...

SAYA SUDAH NGANTONGI SK INPASSING SEJAK 2011 LALU, SAMPAI SKARANG BELUM MENIKMATI HASILNYA, PADAHAL TEMAN2 DIKNAS YANG SAMA2 LULUS TAHUN 2010 SILAM LANGSUNG SUDAH DAPAT MENIKMATI HASILNYA SEJAK 2011 LALU...SMOGA PERJUANGAN KOMISI VIII BERHASIL.........

Asep M.M mengatakan...

Ass.wr.wb.
Saya selalu mendaftar inppasing setiap ada pemberkasan inppasing, tapi sampai saat ini saya masih belum mendapatkan SK inppasing, padahal saya mengabdi sudah 12 tahun, bagaimana caranya supaya saya bisa mendapatkan SK inppasing itu...??

Unknown mengatakan...

Semoga benar2 akan trlaksana n tidak hnya wacana yg hnya mmberi HARAPAN PALSU pada kami para GBPNS KEMENAG. Krna sampai dg detik ini kami memang sdh mnunggu kebenaran itu n trnyata jg blm kunjung ada,, kami sungguh sangat berharap spy pemerintah bnr2 memperhatikan nasib kami. Karena pada dasarnya tugas kami adalah sama, baik guru PNS maupun NON PNS,, kami sama2 bertangguh jawab atas pendidikan anak bangsa. Jd sudah sepantasnya kalau kami menerima hak yg lebih layak..

Unknown mengatakan...

Semoga benar2 akan trlaksana n tidak hnya wacana yg hnya mmberi HARAPAN PALSU pada kami para GBPNS KEMENAG. Krna sampai dg detik ini kami memang sdh mnunggu kebenaran itu n trnyata jg blm kunjung ada,, kami sungguh sangat berharap spy pemerintah bnr2 memperhatikan nasib kami. Karena pada dasarnya tugas kami adalah sama, baik guru PNS maupun NON PNS,, kami sama2 bertangguh jawab atas pendidikan anak bangsa. Jd sudah sepantasnya kalau kami menerima hak yg lebih layak..

Anonim mengatakan...

KEMENAG emang pandai ngibul..ngasih angin surga

Cecepadecandra mengatakan...

Sampai sekarang gak ada tuh rapelan pencairan, benar2 ngibul....

Anonim mengatakan...

GBPNS benar2 dianggap gak penting kyk nya...buktinya pencairan hanya buat PNS saja dengan alasan sesuai peraturan, Kemenag janjinya maniiis bgt, padahal BULLSHIIIT!!!!!!!!

MI MATHLAUL KHAER mengatakan...

Lulusan PLPG 2015 Tunjangannya tidak cair karna terganjal SK Dirjen No 1952 Tahun 2016, padahal di SK NRG sudah jelas terhitung mulai 2 Januari 2016,

didin mengatakan...

iya katanya mau cair 2016 yg bolong 7 bulan tapi samapai sekarang blm jg cair sedangkan bagi kaum honorer sangat ditunggu"apalagi skrg mau lebaran,,,tolong segera dicairkan bapa"pejabat yg berwenang

dhino mengatakan...

jangan hanya wacana aza segera cairkan tunjangan sertipikasi non pns yg 7 bln,,,kan itu udah disahkan ma DPR,,,,,jangan ngasih angin surga dong,,,,kan negara kita negara makmur,,,masa ga bisa membayar hak para guru non PNS yg sudah membaktikan buat negara sudah mendidik dan mencetak para penurus bangsa ,,,,

dim mengatakan...

wacana dari bln april mau dicairkan,,,tunjangan yg bolong 7 bln tp samapai hari ini blm jg dicairkan,,,,apakah sebegitu parahnaya negara ga ada uang buat anggaran yg sudah disahkan oleh DPR

Andi Suhandi, S.Pd mengatakan...

Kapan yang periode Januari-Juni 2016 akan dicairkan

Andi Suhandi, S.Pd mengatakan...

Kapan yang periode Januari-Juni 2016 akan dicairkan

din mengatakan...

boro boro pencairan rapel inpasing,,,sertipikasi yg molor 7 bln jg beleum juga cair,,,katanya mau cair setelah diaudit tapi diaudit udah samapai sekarang belum cair juga,,,makanya tolong para pejabat yg berwenang segera urus kasian para guru honorer sangat membutuhkan sekali apalagi skrang mau lebaran,,,cuma itu harapan punya mereka,,,

din mengatakan...

katanya pencairan impasing ma sertipikasi yg bolong 7 bln mau dicairkan mulai april 2016 tapi kenyataanya sampai skrang blm jg cair"sok lah para pejabay yg berwenang segera cairkan kasian mereka,,,,,itu kan hak mereka yg udah diatur ma undang" dan sdah disahkan ma DPR

BOZZ IMAM mengatakan...

Bagaimana dengan guru yang sudah mempunyai no SK Inpassing yang terbitnya sama- sama tanggal 30 Desember 2011 tapi sampai saat ini tidak memperoleh SK dengan alasan SK belum ditanda tangani ?

BOZZ IMAM mengatakan...

Saya sebagai kepala Madrasah merasa heran dengan tidak diterbitkannya SK Inpassing saya karena hanya ada dua orang guru di Sekolah kami yang SK Inpassingnya yang terbit, padahal kalau dilihat dari lama mengajar beberapa guru yang lain lebih lama, perlu diketahui saya lulus Sertifikasi tahun 2008 sementara yang dapat SK lulus 2012. Terimakasih

Karina aja mengatakan...

D sekolah sya ad 9 gru yg inpasing tp 4 guru blm dpat sk trmsuk sya tp g tau juga seh mau tanya kmna kq gk terbit SK-nya

Ahmad Djuhdi mengatakan...

asalamualaikum..wr.wb..
Kepada YTH Pemerintah pusat khususnya KEMENAG Wilayah Bogor Kota, agar dalam proses pencairan tunjagan profesi guru dan sertifikasi lebih di awasi pelaksanaannya, karena kami menemukan kejanggalan2 seperti data pemberkasan beberapa guru, yang dimanipulasi, padahal sebelumnya mereka sudah mengumpulkan data bolak-balik kemenag,akan tetapi pas masa pencairan dengan enteng KEMENAG mengatakan datanya belum masuk...Ada apa ini...apa yang terjadi..untuk itu mohon kepada pemerintah pusat untuk mengawasi secara langsung..Terima kasih.

Unknown mengatakan...

Saya sedikit prihatin, mengapa tunjangan sertifikasi tahun 2015 blm jg dicairkan, terutama kabupten boyolali

Unknown mengatakan...

sabar teman2 yg pasti pemerintah gk tinggal diam sy yaqin dia pasti memperjuangkan kita kok.

Unknown mengatakan...

muhun atuh tong kalamian enggal di realisasikan pa pejabat

Anonim mengatakan...

Kemenag sbg instansi berlabel keagamaan justru berlaku zholim dengan selalu menunda pencairan dan ketidak transparanan proses pencairannya. Terlepas dari segala tetek bengek alasan yang dibuat, ini menunjukkan bahwa program sertifikasi guru dibuat tanpa persiapan untuk pengelolaannya.
"Bayarlah upah buruhmu sebelum kering keringatnya !!!"

Unknown mengatakan...

He,,he,,mana pencairanya?ahhh,,d percaya,,,sudah agustus om,katanya april,,bohonggggg

Unknown mengatakan...

He,,he,,mana pencairanya?ahhh,,d percaya,,,sudah agustus om,katanya april,,bohonggggg

Kholil mengatakan...

Buktikan !!
Mana realisasinya sekarang agustus mau habis

Kholil mengatakan...

Buktikan !!
Mana realisasinya sekarang agustus mau habis

MTs. Al Manar Pagak mengatakan...

Guru adalah seseorang yang mrncetak manusia hingga mencapai keberhasilan baik itu presiden, anggota Dewan dan profesi lainnya. tapi kenapa nasib guru justru yang diabaikan. memgenai tunjangan Guru sertifikasi aza masih terhutang 8 bulan yang 2015. apalagi Impassing belum perna merasakan hasilnya hanya mengantongi SK Impassing mulai 2011 khususnya dalam lingkungan Depag....Tolong berikan hak kami karna kami sudah menjalankan kewajibannya.

Unknown mengatakan...

nyimak

Guru swasta mengatakan...

Kami hanya bs berharap,SK impassing bisa segera keluar.krn kmi mengusulkan impassing th 2011.sampai sekarang masih sebatas harapan.mohon utk segera dikeluarkan. Jangn permasalahan terus menumpuk.kami sudah mengikuti prosedur dr pemerintah,klo memang ada yg beritau kami.

Desi Astuti mengatakan...

Assalamu’alaikum wr wb...
Bismillahirrahamaninrahim... senang sekali saya bisa menulis
dan berbagi kepada teman2 melalui tempat ini,
sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga
dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki,
namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya,
akhirnya saya menanggung hutang ke pelanggan-pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 600 juta ,
saya sudah stress dan hampir bunuh diri anak saya 3 orang masih sekolah di smp / sma dan juga anak sememtarah kuliah,tapi suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anaka-naknya ditengah tagihan hutang yang menumpuk,
demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
dan bercerita kepadanya, alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.
dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan PROGRAM HIBAH DANA GAIB hidupnya kembali sukses,
awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu hari saya berpikir
dan melihat langsung hasilnya, `
saya akhirnya bergabung dan mengunjungi website www.danagaib.xtgem.com
semua petunjuk K.H. JAYA saya ikuti dan hanya 2 hari astagfirullahallazim,
alhamdulilah demi allah dan anak saya,
akhirnya 5m yang saya minta benar benar ada di tangan saya,
semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
kini saya kembali sukses terimaksih K.H. JAYA saya tidak akan melupakan jasa aki.
jika teman teman berminat, yakin dan percaya insya allah,
saya sudah buktikan demi allah silahkan kunjungi webiste
KLIK DISINI
atau
Buka disini

































































































Unknown mengatakan...

Bukan gaji, namun tunjangan

Hidup Bermakna mengatakan...

INPASSING TIDAK PERNAH DIBAYARKAN ..... MENGAPA ....KEMENAG HAL INI BISA TERJADI ..... DIKEMENTRIAN TETANGGA INPASSING SUDAH TIDAK ADA MASALAH .. PEMBAYARAN LANCAR..... MENGAPA ....? eh Mengapa ....?

Anonim mengatakan...

Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Sri Rahayu asal Surakarta, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil di daerah surakarta, dan disini daerah tempat mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-1144-2258 atas nama Drs Muh Tauhid SH.MSI beliaulah yang selama ini membantu perjalanan karir saya menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL, alhamdulillah berkat bantuan bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI SK saya dan 2 teman saya tahun ini sudah keluar, bagi anda yang ingin seperti saya silahkan hubungi bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI, siapa tau beliau bisa membantu anda

Anonim mengatakan...

Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil di daerah surakarta, dan disini daerah tempat mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-1144-2258 atas nama Drs Muh Tauhib SH.MSI beliaulah yang selama ini membantu perjalan karir saya menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL.alhamdulillah berkat bantuan bapak Drs Muh Tauhib SH.MSI SK saya dan 2 teman saya tahun ini sudah keluar, bagi anda yang ingin seperti saya silahkan hubungi bapak Drs Muh Tauhib SH.MSI, siapa tau beliau bisa membantu anda

Sry rahayu said mengatakan...

Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Sri Rahayu asal Surakarta, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil di daerah surakarta, dan disini daerah tempat mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-1144-2258 atas nama Drs Muh Tauhid SH.MSI beliaulah yang selama ini membantu perjalanan karir saya menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL, alhamdulillah berkat bantuan bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI SK saya dan 2 teman saya tahun ini sudah keluar, bagi anda yang ingin seperti saya silahkan hubungi bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI, siapa tau beliau bisa membantu anda

Anonim mengatakan...

PLPG 2015 sampai sekarang kok tidak ada kabar sama sekali....cuma di ece...ece...thok ae....PHP azaaaaaaa....dech.....

resep kuno ibu mengatakan...

di tunggu nih sampe kering tunjangan sertifikasinya yang 2015....udah mau tahun baru...masa satu tahun proses g selesai...kasian karena waktu PLPG dulu ada yang sampek kena strok...dn stroknya sudah sembuh lho eh tunjangan nya belum cair nasib...nasib...

pak muliadi mengatakan...

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


MITA ALFIANI mengatakan...

LAMA , KATANYA AWAL OKTOBER SAMPAI SEKARANG AKHIR OKTOBER BELUM JUGA , TOLONG PIKIRKAN NASIB KAMI .

Unknown mengatakan...

Kapan cair inpasing Depag kab sumber

Nay mengatakan...

Mending klo pemberkasan g minta duit...ini mah pemberkadan iya cair mah orraa...10 bln nih blm dibayar, th 2014...ckckck...pemberkasan molo...duit molo...cair mah entah...bener" zolim

danilo fernandez mengatakan...

kmana sertfksi 2013,,,mantsk nyri hulu,,pemberkasan ti jmn sod,,kop tah berit

Unknown mengatakan...

Ass....bagaimana guru CPNS yang sudah menerima SK NRG terhitung 1 januari 2016 namun sampai desember ini sertifikasi tdk dicairkan.terima kasih

MTS AL FALAH NAGRAK mengatakan...

Sampai saat ini, 6 Januari 1017, saya punya SK Inpasaing tahun 2011 sampai sekarang belum cair. Kapan ya....

Imut mengatakan...

Tolong cair kan yg sdh menjadi hak kami . Sertifikasi 2016..

Imut mengatakan...

Tolong cair kan yg sdh menjadi hak kami . Sertifikasi 2016..

Unknown mengatakan...

saya IBU KARMILA posisi sekarang di malaysia
bekerja sebagai ibu rumah tangga gaji tidak seberapa
setiap gajian selalu mengirimkan orang tua
sebenarnya pengen pulang tapi gak punya uang
sempat saya putus asah dan secara kebetulan
saya buka FB ada seseorng berkomentar
tentang AKI NAWE katanya perna di bantu
melalui jalan togel saya coba2 menghubungi
karna di malaysia ada pemasangan
jadi saya memberanikan diri karna sudah bingun
saya minta angka sama AKI NAWE
angka yang di berikan 6D TOTO tembus 100%
terima kasih banyak AKI
kemarin saya bingun syukur sekarang sudah senang
rencana bulan depan mau pulang untuk buka usaha
bagi penggemar togel ingin merasakan kemenangan
terutama yang punya masalah hutang lama belum lunas
jangan putus asah HUBUNGI AKI NAWE 085-218-379-259 tak ada salahnya anda coba
karna prediksi AKI tidak perna meleset
saya jamin AKI NAWE tidak akan mengecewakan

cytotec mengatakan...

Thank you very much for sharing information that will be much helpful for making coursework my effective.

obat penggugur mengatakan...

Thank you very much for sharing information that will be much helpful for making coursework my effective.

Unknown mengatakan...

obat penggugur
obat penggugur kandungan
jual obat penggugur
harga obat penggugur
cara menggugurkan kandungan
cara menggugurkan kandungan 1 bulan
cara menggugurkan kandungan 2 bulan
cara menggugurkan kandungan 3 bulan
cara pemakaian cytotec usia 1 bulan
cytotec
harga cytotec
harga obat cytotec
harga obat misoprostol
jual cytotec
obat cytotec
harga cytotec di apotik
cara pemakaian cytotec
cara pemakaian obat cytotec
obat telat bulan
harga cytotec

Anonim mengatakan...

Saya jacira saya ingin bersyukur dan saya akan selalu bersyukur kepada drujiagbe yang membawa pulang suami perceraian saya yang telah meninggalkan saya selama 6 tahun dalam 48 jam, saya telah mengatakan tentang hal ini bulan lalu tapi saya berjanji untuk selalu memberi tahu orang-orang tentang hal ini setiap bulan sekali. bahwa mereka yang tidak membacanya minggu lalu akan membacanya sekarang, saya telah mencari cara untuk hamil dan bagaimana agar suami perceraian saya kembali ke hidup saya karena saya mencintainya dengan sepenuh hati, saya bisa tidak menggantinya dengan tubuh apapun, suatu hari saya menonton televisi saya ketika saya melihat seorang wanita yang bersyukur kepada drujiagbe dan mengatakan kepada dunia bagaimana dia membantunya saya sangat terkejut sehingga saya tidak dapat mempercayainya karena saya tidak pernah mengajarkan bahwa ada kekuatan yang bisa membawa kembali kehilangan perkawinan, lalu begitulah cara saya memutuskan untuk menghubungi dia juga karena saya benar-benar membutuhkan suami saya yang bercerai kembali, ketika saya menghubungi dia, saya menceritakan semuanya kepadanya dan dia mengatakan kepada saya untuk tidak khawatir bahwa suami saya yang bercerai pasti akan kembali kepada saya. , dalam 48 jam pada awalnya i tidak bisa percaya karena saya berpikir bagaimana mungkin seseorang yang telah pergi untuk 6 tahun kembali dalam waktu 48 jam, maka saya memutuskan untuk menonton dan melihat, tidak dapat dipercaya dalam 48 jam berikutnya saya menerima telepon dari nomor yang tidak diketahui, jadi saya memilih panggilan untuk hal berikutnya. Saya bisa mendengar suara suami saya bahwa dia memohon dan mengemis saya di telepon bahwa saya harus memaafkannya bahwa saya harus melupakan semua yang telah terjadi bahwa dia tidak tahu apa yang terjadi padanya, dia berjanji untuk tidak pergi karena alasan apapun, bahwa dia benar-benar menyesal atas apa yang dia lakukan, saya sangat terkejut karena saya tidak pernah percaya bahwa ini bisa terjadi, jadi begitulah saya menerima permintaan maafnya dan keesokan paginya dia kembali ke rumah untuk menemui saya dan masih memohon agar saya memaafkannya dia mengatakan dia bahwa semuanya baik-baik saja bahwa saya telah memaafkannya, begitulah kami memulai lagi dan dia memiliki Perubahan, saya berjanji untuk mengatakan kesaksian ini di stasiun radio, mengomentari kesaksian ini bahwa sekarang saya hamil, tapi tetap saja sebelum bulan ini habis saya berjanji untuk mengatakan ini di r adio station dan saya akan pak, terima kasih banyak. Dunia tolong mohon maaf kepada orang-orang untuk mencoba dan membantu saya berterima kasih pada pria ini untuk saya, atau jika Anda membutuhkan pertolongannya di sini adalah alamat emailnya drujiagbeblacktemple@gmail.com

Posting Komentar

Free Website templatesFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesSEO Web Design AgencyMusic Videos OnlineFree Wordpress Themes Templatesfreethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree Web Templates