Rumus Konversi
Penilaian Rapot
( Halaman 114)
1. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
Terdiri dari:
a. Nilai Ulangan Harian (NH)
diperoleh lewat tes tulis (uraian dan PG), tes lisan, tugas.
b. Nilai Ulangan Tengah Semester (UTS)
c. Nilai Ulangan Akhir Semester (UAS)
Rentang nilai Kompetensi Pengetahuan
Tabel 2 : Rentang Nilai
Kompetensi Pengetahuan
No.
|
Nilai
|
Predikat
|
1
|
0,00 ˂ Nilai ≤
1,00
|
D
|
2
|
1,00
˂
Nilai ≤ 1,33
|
D+
|
3
|
1,33
˂
Nilai ≤ 1,66
|
C-
|
4
|
1,66
˂
Nilai ≤ 2,00
|
C
|
5
|
2,00
˂
Nilai ≤ 2,33
|
C+
|
6
|
2,33 ˂ Nilai ≤ 2,66
|
B-
|
7
|
2,66 ˂ Nilai ≤
3,00
|
B
|
8
|
3,00 ˂
Nilai ≤
3,33
|
B+
|
9
|
3,33 ˂ Nilai ≤
3,66
|
A-
|
10
|
3,66 ˂ Nilai ≤
4,00
|
A
|
Skala nilai 0
sd 100
Pembobotan
nilai
-
NH : 2
-
UTS : 1
-
UAS : 1
Rumus:
Jumlah nilai (NH, UT, dan UAS)
-------------------------------------------- x 4
Jumlah nilai maksimal
|
Contoh
Nilai Kevin Pandoyo memperoleh nilai pada
mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam bidang pengetahuan:
Jenis
Nilai
|
Nilai
1
|
Nilai
2
|
Nilai
3
|
Nilai
4
|
Bobot
|
Rata-rata
|
Jumlah
|
NH
|
85
|
86
|
87
|
86
|
2
|
86
|
172
|
UTS
|
82
|
|
|
|
1
|
92
|
92
|
UAS
|
81
|
|
|
|
1
|
89
|
89
|
Jumlah
|
4
|
-
|
353
|
Maka Kevin Pandoyo akan mendapatkan nilai
berdasarkan rumus, adalah:
353
-------- x
4 = 3, 56 Jadi nilai konversinya adalah A-
400
Dengan
demikian bentuk deskripsinya:
Sudah
menguasai seluruh kompetensi dengan baik. Hal ini didasarkan pada pemerolehan
nilai baik ukangan haria, pengamatan dan
nilai proses
2. Penilaian keterampilan
(Rumus dan
cara pengkonversian sama dengan Pengetahuan)
Terdiri dari:
a. Nilai Praktik
b. Nilai Portofolio
c. Nilai Proyek
Contoh
Nilai Kevin Pandoyo memperoleh nilai pada
mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam
bidang keterampilan:
d.
Jenis
Nilai
|
Nilai
1
|
Nilai
2
|
Nilai
3
|
Nilai
4
|
Bobot
|
Rata-rata
|
Jumlah
|
Praktik
|
80
|
|
|
|
2
|
80
|
160
|
Portofolio
|
75
|
|
|
|
1
|
75
|
75
|
Proyek
|
80
|
|
|
|
1
|
80
|
80
|
Jumlah
|
4
|
|
315
|
Maka Kevin
Pandoyo akan mendapatkan nilai berdasarkan rumus, adalah:
315
-------- x 4 = 3, 15
Jadi nilai konversinya adalah B+
400
Dengan
demikian bentuk deskripsinya:
Sudah baik dalam mengerjakan praktik dan proyek,
namun masih perlu ditingkatkan kedisiplinan merapikan tugas dalam sat
potofolio.
3. Penilaian sikap ( Halaman 117)
Terdiri dari:
a. Penilaian observasi
b. Penilaian diri sendiri
c. Penilaian antarpeserta didik
d. Jurnal catatan guru
a.
Nilai Observasi diperoleh dari hasil Pengamatan terhadap Proses sikap
tertentu pada sepanjang proses pembelajaran satu Kompetensi Dasar (KD)
b.
Untuk penilaian Sikap Spiritual dan Sosial (KI-1danKI-2)
menggunakan nilai Kualitatif seperti pada tabel 3 sebagai berikut:
c.
Tabel 3 : Rentang Nilai
Kompetensi Sikap
No.
|
Skor
|
Predikat
|
1
|
Skor ≤ 1,33
|
Kurang (K)
|
2
|
1,33 < Skor ≤ 2,33
|
Cukup (C)
|
3
|
2,33 < Skor ≤ 3,33
|
Baik (B)
|
4
|
3,33 < Skor ≤ 4,00
|
Sangat Baik (SB)
|
d.
Penghitungan Nilai Sikap adalah dengan cara :
1)
Menentukan Skala penilaian sikap dibuat dengan rentang antara 1 - 4,
contoh :
1. = sangat kurang;
2. = kurang konsisten;
3. = mulai konsisten;
4. = konsisten;
2)
Menetapkan pembobotan dan rumus penghitungan
3)
Pembobotan ditetapkan oleh Satuan Pendidikan dengan mempertimbangkan
karakteristik sekolah dan peserta didik
4)
Nilai Proses atau Nilai Observasi disarankan diberi bobot lebih besar
dari pada Penilaian Diri Sendiri, Nilai Antarteman, dan Nilai Jurnal Guru
karena lebih lebih mencerminkan proses perkembangan perilaku peserta didik yang
otentik.
5)
Contoh : Pembobotan 2 : 1 : 1 : 1 untuk Nilai Observasi :
Nilai Penilaian Diri Sendiri : Nilai Antarteman : Nilai Jurnal Guru (jumlah
perbandingan pembobotan = 5.
6)
Rumus penghitungan:
Jumlah nilai (observasi,diri
sendiri, antarteman,jurnal)
--------------------------------------------------------------------
x 4
Jumlah nilai maksimal
Siswa A dalam
mata pelajaran bahasa Indonesia memperoleh :
Nilai Observasi = 4
Nilai diri sendiri = 3
Nilai antarpeserta didik =
3
Nilai Jurnal =
4
Nilai Rapor = {(2x4)+(1x3)+(1x3)+(1x4)} : 20 x
4
=
(18:20) x 4 = 3, 6
Nilai Konversi = 3,6 = Sangat Baik
Deskripsi = Memiliki sikap Sangat Baik selama dalam proses pembelajaran.
11 komentar:
nilai UTS dan UAS pada nilai pengetahuan koq aneh ya, 82 jadi 92
Oh iya gan itu salah nulis, tadinya hanya buat contoh saja
Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-1144-2258 atas nama Drs Tauhid SH.MSI beliaulah yang selama ini membantu perjalan karir saya menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL. alhamdulillah berkat bantuan bapak Drs Tauhid SH.MSI SK saya dan 2 teman saya sudah keluar, jadi teman2 jangan pernah putus asah kalau sudah waktunya tuhan pasti kasih jalan, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..
Kalo buat menghitung rata rata nya gimana?
Kalo buat menghitung rata rata nya gimana?
Rata2 standardnya
Rata2=(N1+N2+N3+...+Nj)/j
Mungkin begitu
Kenapa hitung manual nilai raport beda dgn hasil excell
Itu secara kebetulan sdt beruntung namun masih banyak teman yg mengabdi belasan tahun belum lolos ke PNS. Sehingga umurnya sudah mentok tahun depan gak bisa di terima menurut aturan.kwalifikasi akademik sudah lenier untuk pendidikan dasar sebagai tapiguru kelas malah yang jurusan biologi IPA yang belum mempunyai pengalaman mengajar lulus di tes tingkat
sekolah dasar. Kasihan para pejuang yang belum mendapatkan kemerdekaan. Mengejarnya di wilayah perbatasan dengan persaingan hidup yang tingkat ekonominya sangat tinggi.
Cara hitung nila kkm / kbm nya gmn ya ....
gimana cara mendapatkan nilai setiap KD, karna e-Rapor nilainya per KD....?
Posting Komentar