KURANJI - Pendidikan karakter merupakan salah satu
target dari pelaksanaan Kurikulum 2013 yang sudah berjalan sejak Agustus
2014 lalu. Dalam praktiknya, guru adalah ujung tombak pembentukan
karakter siswa di sekolah. Lantas seperti apa implementasinya di
sekolah-sekolah?
Pantauan Padang Ekspres (Grup JPNN)
di sejumlah sekolah di Padang kemarin, rata-rata guru sudah menerapkan
pendidikan karakter sesuai buku petunjuk dari Mendiknas.
Kepala SDN 03 Anduring, Amru menyadari untuk membentuk siswa berkarakter, guru harus mampu menjadi panutan.
"Artinya, sosok guru menjadi contoh bagi
siswa. Dalam Kurikulum 2013, sosok guru adalah pendidik, pengajar,
pelatih dan pengawas. Bila salah satu unsur tersebut tidak terpenuhi,
hasilnya tidak akan maksimal. Sebagai pendidik, pasti muncul rasa kasih
sayang sehingga peserta didik ikut santun. Pendidikan yang baik itu akan
melahirkan lulusa berkarakter jujur dan bertanggung jawab," ujarnya.
Yuswil, pengawas SD Kuranji, mengatakan,
pelaksanaan pendidikan karakter ada sikap spiritual (KI 1) dan sikap
sosial (KI 2), yang mengatur guru dalam bersikap.
"Dalam pelaksanaan pendidikan ada empat
ranah: kognitif/ilmu pengetahuan, sikap, keterampilan, religius dan
kepribadian. Semua itu dasar pengembangan karakter yang baik," ujarnya.
Dia menyebutkan, kepribadian dan religius bukan hanya kewajiban guru agama, namun peran semua guru.
"Kita mengimbau para guru tetap
menunjukkan sikap sederhana dalam keseharian, menjalin hubungan dengan
sesama guru dan masyarakat karena hal tersebut akan dicontoh peserta
didik," ujarnya.
Kepala UPTD Kecamatan Kuranji, Daliusman
mengatakan, penerapan Kurikulum 2013 berpengaruh pada sikap,
kepribadian dan pengetahuan guru.
"Sehubungan dengan Hari Guru yang
diperingati setiap 25 November, UPTD fokus menanamkan karakter sang guru
sebelum diajarkan ke siswa," ujarnya.
Wakil Ketua DPRD Padang, Wahyu Iramana
Putra mendukung pembentukan pendidikan karakter siswa harus dimulai dari
sosok guru. Dia mengaku telah mengusulkan pada Dinas Pendidikan sebelum
penyusunan anggaran di DPRD Padang, agar pelajar di Padang memiliki
nilai plus.
"Seperti siswa tamatan SD, minimal
menguasai satu juz ayat-ayat pendek. Setelah tamat SMP, mengusasi
speaking bahasa Inggris atau bahasa Arab. Persoalannya hanya satu,
anggaran untuk membayar SDM pengajar. Itu dapat diatasi kalau dimasukkan
dalam rancangan anggaran belanja di DPRD. Namun, usulan itu tidak
ditanggapi," ujarnya.
"Anggaran Rp 17 miliar untuk pendidikan
dapat diberdayakan. Sekitar 70 persen pegawai itu nganggur, tidak ada
kerjaan. Jika mau, banyak yang dapat diperbuat untuk menambah
kemampuan," sarannya.
Pendidikan karakter merupakan sistem
penanaman nilai-nilai karakter kepada warga sekolah. Meliputi komponen
pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan
nilai tersebut.
Untuk mewujudkan pendidikan karakter,
Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah mengaku telah menyiapkan anggaran
bagi penguatan karakter guru.
"Tahun 2015, Pemko konsen membenahi
dunia pendidikan. Jadi sukses pendidikan ini kuncinya guru dan kepala
sekolah. Makanya, tahun 2015, kami konsen pada pembenahan guru," ungkap
Mahyeldi usai launching karya siswa SMK Muhammadiyah 1 Padang berupa
Sepeda Motor Internet Tenaga Surya (SMONET TSU)kemarin (24/11) di
halaman SMK Muhammadiyah 1 Padang, Simpang Haru.
Mahyeldi mengatakan akan mengintensifkan pelatihan guru dan menyempurnakan program sertifikasi guru.
Kepala Dinas Pendidikan Padang, Indang
Dewata menambahkan, untuk pengembangan potensi guru dialokasikan
anggaran Rp 101 miliar pada 2015
Ketua Badan Akreditasi Sekolah dan
Madrasah Sumbar, Sufyarma Marsidin mengatakan, dalam Kurikulum 2013, KI 1
tentang mental dan spiritual guru sudah ada tuntunannya. Kalau
diaplikasikan secara maksimal, otomatis guru sudah mencontohkan
kehidupan berkarakter.
"Kalau ada kejadian atau perilaku guru
yang merusak nama baik guru, Dinas Pendidikan tingkat kota/kabupaten
harus membentuk tim sehingga masalah-masalah yang mencemarkan institusi
pendidikan bisa dituntaskan dan pelakunya harus ditindak tegas,"
ujarnya.
Dia setuju guru yang melakukan perbuatan
tercela harusnya dihukum baik secara administrasi seperti pemotongan
tunjangan profesi, penundaan kenaikan pangkat, dan secara pidana sesuai
hukum berlaku.
"Kalau ada perilaku guru yang tidak baik
seperti di Kabupaten Tanahdatar yang mencabuli anak didik, harus
ditindak tegas agar jera," tuturnya.
"Guru sebagai sebuah profesi, amanahnya
tidak pernah habis sampai pensiun saja, tapi harus dijaga sampai mati.
Karena itu, perilaku guru tidak boleh keluar dari empat kompetensi:
kompetensi sosial, kepribadian, pedagogi dan profesional," ulasnya.
Pakar pendidikan UNP, Prof Z Mawardi
mengatakan, seorang guru harus menyadari perannya sebagai pendidik.
Karena itu, dia setuju guru yang melanggar norma harus diberi efek jera.
"Bila perlu diberhentikan sebagai guru," ujarnya.
Ketua PGRI Sumbar, Zainal Akil
mengatakan, selama ini pelatihan guru sangat minim. Padahal dalam UU
Nomor 14 Tahun 2005, semua guru dan dosen berhak mendapatkan pendidikan
dan pelatihan.
"Pelatihan itu bisa berupa diskusi,
seminar dalam lingkup MGMP. Selain itu, perguruan tinggi yang mencetak
para guru juga bertanggung jawab atas pendidikan karakter kepada calon
guru," tegasnya. (cr8/cc/v/by)
JPNN.COM
1 komentar:
Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-1144-2258 atas nama Drs Tauhid SH.MSI beliaulah yang selama ini membantu perjalan karir saya menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL. alhamdulillah berkat bantuan bapak Drs Tauhid SH.MSI SK saya dan 2 teman saya sudah keluar, jadi teman2 jangan pernah putus asah kalau sudah waktunya tuhan pasti kasih jalan, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..
Posting Komentar