SOAL UN SMP/MTs 2017

Latihan Soal UN SMP/MTs 2017


Ujian Nasional (UN) SMP/MTs dan SMPLB tahun 2017 diprakirakan akan digelar sekitar minggu ketiga bulan April 2017 sd. selesai selama 4 (empat) hari. Pelaksanaannya adalah pasca UN SMA/MA dan UN SMK/MAK yang dijadwalkan mulai sekitar minggu pertama / kedua bulan April 2017.
Untuk membantu para peserta Ujian Nasional tingkat SMP/MTs sederajat kami sampaikan latihan soal UN SMP/MTs yang sudah kami update dan bisa di download secara gratis!
Berikut latihan soal UN SMP/MTs (Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah) tahun pelajaran 2016/2017, yang sudah bisa diunduh :
  1. Latihan Soal Bahasa Indonesia UN SMP/MTs | Silakan unduh disini
  2. Jawaban Latihan Soal Bahasa Indonesia UN SMP/MTs | Silakan unduh disini
  3. Latihan Soal Bahasa Inggris UN SMP/MTs | Silakan unduh disini
  4. Pembahasan Latihan Soal Bahasa Inggris UN SMP/MTs | Silakan unduh disini
  5. Latihan Soal IPA UN SMP/MTs | Silakan unduh disini
  6. Pembahasan Latihan Soal IPA UN SMP/MTs | Silakan unduh disini
  7. Latihan Soal Matematika UN SMP/MTs | Silakan unduh disini
  8. Jawaban Latihan Soal Matematika UN SMP/MTs | Silakan unduh disini
UN SMP/MTs merupakan singkatan dari Ujian Nasional Sekolah Menengah Pertama (disingkat SMP)/ Madrasah Tsanawiyah (MTs). Sekolah Menengah Pertama (disingkat SMP) merupakan jenjang pendidikan dasar pada pendidikan formal di Indonesia setelah lulus Sekolah Dasar (atau sederajat). Sekolah menengah pertama ditempuh dalam waktu 3 tahun, mulai dari kelas 7 sampai kelas 9. Pada tahun ajaran 1994/1995 hingga 2003/2004, sekolah ini pernah disebut sekolah lanjutan tingkat pertama (SLTP).
Berdasarkan data Kemdikbud, pada tahun 2015 nilai rata-rata siswa SMP sebesar 62,18 persen, sedangkan pada tahun 2016 nilai rata-rata UN SMP senilai 58,57 persen atau turun 3,6 poin dari tahun lalu. Angka yang menurun tersebut menurut Kemdikbud karena ada sekolah yang mengalami peningkatan nilai Indeks Integritas UN (IIUN) sebanyak 72 persen. Rinciannya sebanyak 21,16 persen sekolah yang memiliki nilai IIUN yang naik yang diikuti nilai UN yang meningkat. Serta sebanyak 50,96 persen sekolah yang memiliki IIUN (tingkat kejujurannya) naik tetapi nilai UN-nya turun. Kemudian ada 13,61 persen sekolah yang menggunakan kecurangan secara masif dan terstuktur dan 14,27 persen sekolah yang siswanya melakukan kecurangan secara individu.
Dengan program indeks integritas UN naik dan mendorong hasil UN terkoreksi sehingga semakin menggambarkan realita atau makin jujur di dalam penerapan. Tingkat kejujurannya naik maka nilai yang keluar lebih akurat mendekati kemampuan siswa yang sebenarnya. IIUN itu kecurangannya berkurang. Artinya praktek curang baik itu yang dikerjakan sistematis maupun one on one itu ada kesadaran, akhirnya saya lebih percaya dengan diri sendiri daripada orang lain di diri siswa SMP. Bisa jadi memang kegiatan percontekan secara sistematis menurun, ini suatu perkembangan positif dalam bayangan Kemdikbud.
Kemdikbud menyebut dari hasil IIUN tersebut terlihat ada 42 persen siswa Indonesia sebenarnya belum mencapai nilai standar yang ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan, yakni masih di bawah 55. Sedangkan siswa yang memiliki nilai rata-rata di atas 85 ada 4,04 persen atau 168 ribu siswa dan siswa yang memiliki nilai 70 hingga 85 ada 837 ribu siswa.
Yang mendapat angka di atas 85 itu ada 168 ribu siswa, siswa yang dapat nilai 70-75 ada 837 artinya hampir 1 juta anak Indonesia yang bisa bersaing di tengah-tengah MEA, jika dibandingkan dengan jumlah lulusan sekolah menengah Singapura ada sekitar 40-45 ribu siswa per tahun dan jumlah lulusan siswa SMP Malaysia ada sekitar 400 ribu per tahun, jadi anak-anak sekitar 1 juta orang yang bisa memasuki persaingan nanti kita tidak kalah dengan negara tetangga.
Pihak Kemdikbud mengapresiasi daerah yang menunjukan peningkatan IIUN, daerah yang tertinggi adalah Yogyakarta, DKI Jakarta, Bangka Belitung, Jawa Tengah, Jawa Barat, Bengkulu, dan Kepulauan Riau. Selanjutnya, soal UN nantinya akan lebih difokuskan pada soal kemampuan penalaran dan analisa, siswa dituntut untuk mempelajari soal sesuai dengan kurikulum bukan hanya berdasarkan kisi-kisi dari sekolah atau tempat les. Dengan adanya IIUN ini, angka yang di dapat bisa dijadikan bahan evaluasi Kemdikbud kepada sekolah-sekolah untuk membina guru-guru dan anak murid di sekolahnya.
Semoga Latihan Soal Ujian Nasional SMP/MTs Tahun pelajaran 2016/2017 yang kami sampaikan dapat membantu para siswa menghadapi ujian nasional tahun 2017. Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!
Sumber:
– Kemdikbud RI
– Unsmp.com
- http://ujiannasional.org/

1 komentar:

Syafitri mengatakan...

INFO: Buat Anda yg lagi mengalami Suatu masalah,
1.Masalah Ekonomi
2.Terlilit Hutang
3.Masalah Rumah Tangga Dlln.
Maaf sebelumnya jika lewat Tempat ini saya menceritakan kisah hidup saya niat saya hanyalah semata ingin berbagi tapi semua tergantung Anda percaya atau tidaknya

Syukur alhamdulillah kini saya bisa menghirup udara segar di indonesia karnah sudah sekian lama saya ingin pulang ke kampung halaman namun tak bisa sebab,saya harus bekerja di negri orang karna ada hutang yang harus saya bayar di majikan yaitu 257 juta untuk uang indo,Namun berkat bantuan KI BARON Kami terbebas dari hutang ini
SRDIKIT BOCORAN BANTUAN DARI
KI BARONG No TLPN 0852 8895 8775
1.PESUGIHAN
2.TOGEL
3. DANAH GHAIB
4.PENGGANDAAN UANG
5.UANG BALIK
6.PELET/PEMIKAT
7.PENGLARIS BISNIS (Jualan,Tokoh,warung)
8.Dan Masih banyak Bantuan lainnya
Jadi buat yang pengen seperti saya silahkan hubungi KI BARONG di nomor 0852 8895 8775 Anda tidak usah ragu akan adanya penipuan atau hal semacamnya sebab saya dan yg lainnya sudah membuktikan keampuhan bantuan beliau kini giliran Anda trimahkasi

Posting Komentar

Free Website templatesFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesSEO Web Design AgencyMusic Videos OnlineFree Wordpress Themes Templatesfreethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree Web Templates