Cut Off BOS Triwulan ke 2 Periode April Juni 2016

Diposting Tanggal: 29 Februari 2016



Yth. Bapak/Ibu
1.            Kepala SMA/SMK
2.            Teman-Teman Operator Dapodik SMA-SMK
di Seluruh Nusantara

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Alhamdulillah Puji Syukur Kita panjatkan kepada Allah SWT, kita telah memasuki semester genap Tahun ajaran 2015/2016 serta memasuki triwulan ke-1 periode Januari - Maret 2016 penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Sekolah Menengah dan menjelang cut off/pengambilan data untuk pencairan triwulan ke-2 periode April-Juni 2016 yaitu pada tangal 1 Maret 2016. Sehubungan dengan hal tersebut, setelah mencermati Juknis BOS SMA/SMK Tahun 2016 diketahui bahwa penyaluran dana BOS didasarkan pada ketentuan sebagai berikut:
1.       Triwulan ke-1 (Januari-Maret) didasarkan pada data Dapodik SMA-SMK tanggal 15 Desember tahun sebelumnya.
2.       Triwulan ke-2 (April-Juni) didasarkan pada data Dapodik SMA-SMK tanggal 1 Maret.
3.       Triwulan ke-3 (Juli-September) didasarkan pada data Dapodik SMA-SMK tanggal 1 Juni.
4.       Triwulan ke-4 (Oktober-Desember) didasarkan pada data Dapodik SMA-SMK tanggal 21 September.
Dalam rangka penyuksesan penyediaan Data Pendidikan Menengah untuk penyaluran BOS SM 2016 untuk Triwulan ke-2 (April-Juni), Tim Dapodik SMA-SMk telah melakukan pengaktifan referensi  Semester Genap 2015/2016. Dengan demikian sekolah telah dapat melakukan update untuk dapat login dan melakukan proses periodikal pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Secara teknis proses periodikal yang dapat dilakukan melakukan up date seluruh data pada semester Genap 2015/2016.
Selanjutnya, Kami mohon teman-teman operator dapodik SMA-SMK segera melakukan update data dengan beberapa langkah-langkah teknis sebagai berikut:
1.       Silahkan login ke semester Genap 2015/2016, kemudian melakukan proses update data.
2.       Update data sekolah.
Lakukan update data identitas sekolah dan data-data pendukungnya, yaitu dengan melengkapi data yang masih kosong dan edit data yang mengalami perubahan. Data pendukung Identitas sekolah meliputi: data periodik, sanitasi, blockgrant, Yayasan, Program pengajaran dilayani/Paket Keahlian dilayani/Jenis ketunaan, s/d akreditasi.
3.       Update data Sarpras
Lakukan update data sarana prasarana dan data-data pendukungnya, yaitu dengan melengkapi data ruangan yang belum masuk dan edit data yang mengalami perubahan. Untuk data kondisi ruangan di semester genap ini akan kembali kosong, untuk pengisiannya dapat menggunakan tombol “ Salin semua data periodik”. Fungsi tombol ini akan menyalin data isian kondisi ruangan yang telah diisikan di semester sebelumnya, selanjutnya tinggal melakukan update/edit data yang mengalami perubahan. Cek dan update juga data pendukung sarpras meliputi: data sarana, buku dan alat.
4.       Update data PTK
Lakukan update data PTK dan data-data pendukungnya, yaitu dengan melengkapi data PTK yang belum lengkap dan edit data yang mengalami perubahan. Cek dan update juga data pendukung PTK meliputi: data Anak, bea siswa, buku yang pernah ditulis dan setersunya sampai dengan data riwayat jabatan fungsional.
5.       Update data Peserta Didik
Lakukan update data Peserta Didik dan data-data pendukungnya, yaitu dengan melengkapi data Peserta Didik yang belum lengkap dan edit data yang mengalami perubahan. Untuk data periodik di semester genap ini akan kembali kosong, untuk pengisiannya dapat menggunakan tombol “ Salin Data Periodik”. Fungsi tombol ini akan menyalin data isian periodik Peserta Didik yang telah diisikan di semester sebelumnya, selanjutnya tinggal melakukan update/edit data yang mengalami perubahan. Cek dan update juga data pendukung Peserta meliputi: data prestasi, beasiswa.
6.       Update data Rombongan Belajar
Lakukan update data Rombongan Belajar, pada semester genap maka data rombongan belajar akan kembali kosong. Silahkan masuk menu “Lanjutkan Semester”  dan lakukan proses lanjutkan semester untuk seluruh rombongan belajar. Secara teknis setelah diklik menu “Lanjutkan Semester” maka ditampilkan form lanjutkan semester, pilih salah satu rombel dan klik tombol “simpan dan tutup” , lakukan satu persatu untuk seluruh rombel.
Apabila pada semester genap terjadi perubahan anggota rombel dikarenakan ada perpindahan siswa atau anggota setiap rombel diatur ulang, maka lakukan perubahan dengan prosedur mengeluarkan siswa yang pindah/dipindah dari rombel lama kemudian dimasukkan ke rombel yang baru.
7.       Validasi dan Sinkronisasi
Setelah semua proses update data di aplikasi Dapodi SMA-SMK (di komputer lokal) dilakukan maka proses selanjutnya adalah melakukan update data yang ada di manajemen Dapodik SMA-SMK (laman:dapo.dikmen.kemdikbud.go.id), yaitu dengan cara melakukan validasi dan sinkronisasi.
Secara umum langkah-langkah yang diuraikan di atas adalah proses teknis untuk melakukan update data pada Aplikasi Dapodik SMA-SMK di Semester genap Tahun Ajaran 2015/2016, dimana dalam pelaksanaannya dapat menyesuaikan dengan proses periodikal di Sekolah.
Atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu serta teman-teman operator sekalian, kami ucapkan terima kasih


 Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam Satu Data,
Admin Dapodik SMA-SMK

1 komentar:

Sry rahayu said mengatakan...

Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Sri Rahayu asal Surakarta, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil di daerah surakarta, dan disini daerah tempat mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-1144-2258 atas nama Drs Muh Tauhid SH.MSI beliaulah yang selama ini membantu perjalanan karir saya menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL, alhamdulillah berkat bantuan bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI SK saya dan 2 teman saya tahun ini sudah keluar, bagi anda yang ingin seperti saya silahkan hubungi bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI, siapa tau beliau bisa membantu anda

Posting Komentar

Free Website templatesFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesSEO Web Design AgencyMusic Videos OnlineFree Wordpress Themes Templatesfreethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree Web Templates