RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMA Islam Daarul Arham
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Tema : Budaya Berpendapat di Forum Ekonomi dan
Politik
Kelas/Semester : X/1
Materi
Pokok : Eksposisi
Pertemuan
ke- : 9 dan10
Alokasi
Waktu : 4 x 45 menit
Nama
Guru :
Fitriyantoro, SE.I
A. Kompetensi Inti
KI 1 :
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2 :
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia
|
KI 3 :
|
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
KI 4 :
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
B.
Kompetensi Dasar dan
Indikator
1.1 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan bangsa Indonesia ditengah keberagaman bahasa dan budaya.
2.5 Menunjukan perilaku jujur,
peduli, santun, dan beranggungjawab dalam penggunaan bahasa Indonesia untuk memaparkan konflik sosial,
politik, ekonomi, dan kebijakan publik.
3.5. Mengevaluasi
teks eksposisi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
1. Menentukan kaidah-kaidah teks eksposi
2. Menentukan struktur teks eksposisi
4.5. Mengonversi
teks eksposisi ke dalam bentuk lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik
secara lisan maupun tulis.
1.
Membedakan
kaidah dan struktur teks ekposisi
2.
Menyampaikan
pendapat setuju dan tidak setuju atas pernyataan kelompok
C. TujuanPembelajaran
1.
Peserta didik dapat menunjukkan rasa
syukur akan keberadaan bahasa Indonesia yang bisa
dipergunakan sebagai alat komunikasi, hiburan, dan kritik sosial.
2.
Peserta didik dapatmenunjukkan penggunaan bahasa Indonesia secara santun.
3.
Peserta didik
dapat menentukan kaidah-kaidah teks eksposisi.
4.
Peserta didik
dapat menentukan struktur teks eksposisi
5.
Peserta didik
dapat membedakan kaidah dan struktur teks eksposisi
6.
Peserta didik
dapat menyampaikan pendapat setuju atau tidak setuju atas pernyataan kelompok.
D. MateriPembelajaran
1.
Struktur isi
dan bahasa teks eksposisi
2.
Langkah-langkah
konversi teks eksposisi menjadi teks monolog
3.
Langkah-langkah
konversi teks eksposisi menjadi teks drama pendek
E. MetodePembelajaran
1.
Pendekatan : Saintifik
2.
Model Pembelajaran : Discovery
Learning
3.
Metode : CurahPendapat, Diskusi, danInkuiri
F. Media
dan Sumber Pembelajaran
1.
Media : Teks eksposisi dan teks pidato
2.
Sumber
:Bahasa Indonesia:
EkpresiDiridanAkademik. 2013.
Jakarta:Kemendikbud RI.
G. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
DeskripsiKegiatan
|
AlokasiWaktu
|
Pendahuluan
|
1.
Seorangsiswamemimpinsiswalainberdoadenganmenggunakanbahasa
Indonesia yang baikdanbenar.
2.
Curahpendapattentanghal-hal yang
berkaitandengankonsepstruktur
isi dan bahasa teks eksposisi
3.
Curahpendapattentangfungsitekseksposisidalamkehidupansehari-hari.
4.
Mengekspresikan rasa syukurataskeberadaanbahasa
Indonesia setelahmenyimaktayangandrama
5.
Guru menyampaikantujuanpembelajaran.
6.
Guru danpesertadidikmenyepakatikegiatan yang
akandilakukan.
|
10 menit
|
Inti
|
1. Mengamati
a.
Pesertadidikmembacatekstentang kaidah-kaidah penulisan teks eksposisi
b.
Pesertadidikmencermati uraian yang berkaitan dengan kaidah-kaidah penulisan teks
eksposisi
c.
Peserta didik bertanya
jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
2. Mengeksplorasi
peserta didik mencari dari berbagai sumber informasi
tentang kaidah-kaidah penulisan teks eksposisi.
3. Mengasosiasikan
a.
Pesertadidikmendiskusikantentang kaidah-kaidah penulisan teks eksposisi.
b.
Pesertadidik menyimpulkan hal-hal terpenting dalam kaidah-kaidah
penulisan teks eksposisi
4. Mengomunikasikan
a.
Peserta didik menuliskan
laporan kerja kelompok tentang kaidah-kaidah penulisan teks eksposisi.
b.
Pesertadidikmembacakan hasil kerja kelompok di depan kelas dan peserta didik lain
memberikan tanggapan
c.
pesertadidik mengonversi teks eksposisi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan
struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan .
|
150 menit
|
Penutup
|
1.
Pesertadidikbersama guru
menyimpulkanpembelajaran.
2.
Pesertadidikmelakukanrefleksiterhadapkegiatanpembelajaran
yang sudahdilakukan.
3.
Pesertadidikdan guru
merencanakantindaklanjutpembelajaranuntukpertemuanselanjutnya.
|
20 menit
|
H.
Penilaian Proses danHasilPembelajaran
1.
TeknikdanBentukInstrumen
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Observasi
|
Lembar
pengamatan sikap
|
Tes Tertulis
|
Tes uraian: mengidentifikasi kata dan kelompok kata yang merupakan
bentuk-bentuk penanda kohesi dan pemarkah dalam teks eksposisi
|
2. InstrumenPenilaian
a. LembarPengamatanSikap
No.
|
Nama
PesertaDidik
|
TanggungJawab
|
Peduli
|
Responsif
|
Santun
|
||||
S T
|
BT
|
S T
|
BT
|
S T
|
BT
|
S T
|
BT
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
ST : sudah
tampak
BT : belum
tampak
b. TesUraian
Kerjakan sesuai dengan petunjuk yang diberikan!
1.
Buatlah dua teks eksposisi mengenai tema yang sama. Yang
pertama condong ke sisi setuju: yang kedua condong ke sisi tidak setuju!
2.
Ingatlah kembali teks eksposisi digunakan untuk
mengungkapkan pendapat. Orang lain diminta untuk menerima pendapat tersebut.
Untuk itu, argumentasi yang diberikan harus betul-betul kuat. Buatlah teks
eksposisi dengan argumentasi yang tidak dapat dibantah oleh pembaca!
3.
Sajikanlah di depan kelas salah satu teks eksposisi yang
telah kalian buat (pendapat dengan sisi setuju di bidang ekonomi atau politik)
dalam bentuk kegiatan berpidato resmi. Gunakanlah gaya berpidato seperti gaya
Bung Karno, Bung Tomo, atau gaya tokoh pendiri kebangsaan Indonesia lain yang
kalian kagumi.
Rubrik
penilaian proses
No.
|
Aspek Penilaian
|
Skor
|
Keterangan
|
1.
|
Keberanianmenjawab |
|
N1
= (SS : SM) X 100
|
|
a. Menjawabtanpaditunjuk |
4-6
|
SS
: skor siswa
|
|
b. Menjawabsetelahditunjuk |
2-4
|
SM
: skor maksimal
|
|
c. Tidakmenjawabmeskipuntelahditunjuk |
1-2
|
N :
nilai
|
2.
|
Ketekunan
bekerja
|
|
N
Total= (N1+N2)/2
|
|
a. Memanfaatkansebagianbesarwaktupembelajaranuntukbekerja
|
4
|
|
|
b. Sebagianwaktudigunakanuntukmengobrol
|
3-4
|
|
|
c. Frekuensiwaktubekerjadenganaktivitas lain
(mengobrol) seimbang
|
2-3
|
|
|
d. Lebihseringmengobroldaripadabekerjamenuliscerpen
|
1-2
|
|
Rubrik
penilaian hasil
No.
|
Aspek Penilaian
|
Skor
|
Keterangan
|
1.
|
Kalimat
Sangat
baik – Sempurna:
konstruksi kompleks dan efektif; terdapat hanya sedikit kesalahan penggunaan
bahasa (urutan/fungsi kata, artikel, pronominal, preposisi)
|
40-60
|
N1
= (SS : SM) X 100
SS
: skor siswa
SM
: skor maksimal
N :
nilai
N
total= (N1+N2)/2
|
|
Cukup-baik:konstruksisederhana, tetapiefektif; terdapatkesalahankecilpadakonstruksikompleks; terjadisejumlahkesalahanpenggunaanbahasa (fungsi/urutan kata, artikel, pronomena, preposisi), tetapimaknacukupjelas. |
20-40
|
|
|
Sedang-cukup:terjadikesalahanseriusdalamkonstruksikalimattunggal/kompleks (seringterjadikesalahanpadakalimatnegasi, urutan/fungsi kata, artikel, pronominal, kalimatfragmen, pelesapan; maknamembingungkanataukabur. |
10-20
|
|
|
Sangatkurang-kurang::tidakmenguasaitatakalimat; terdapatbanyakkesalahan; tidakkomunikatif;tidaklayakdinilai |
|
|
2.
|
StrukturTeks |
|
|
|
Sangatbaik- sempurna:ekspresi lancer; gagasanterungkappadat, denganjelas; tertatadenganbaik; urutanlogis; kohesif |
31-40
|
|
|
Cukup-baik:kuranglancar; kurangterorganisas, tetapi ide utamaternyatakan;pendukungterbatas;logis, tetapitidaklengkap |
16-30
|
|
|
Sedang-cukup:
Tidak lancar; gagasan kacau
atau tidak terkait; urutan dan pengembangan kurang logis
|
11-15
|
|
|
Sangat-kurang:
Tidak komunatif; tidak
terorganisasi; tidak layak dinilai
|
5-10
|
|
Tenjo, 2014
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
HOSYIANA, SE FITRIYANTORO, SE.I
1 komentar:
Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-1144-2258 atas nama Drs Tauhid SH.MSI beliaulah yang selama ini membantu perjalan karir saya menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL. alhamdulillah berkat bantuan bapak Drs Tauhid SH.MSI SK saya dan 2 teman saya sudah keluar, jadi teman2 jangan pernah putus asah kalau sudah waktunya tuhan pasti kasih jalan, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..
Posting Komentar