Contoh RPP Bahasa Indonesia Kelas X



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan             :   SMA Islam Daarul Arham
Mata Pelajaran                    :   Bahasa Indonesia
Tema                                     :   Budaya Berpendapat di Forum Ekonomi dan Politik
Kelas/Semester                   :   X/1
Materi Pokok                        :  Eksposisi
Pertemuan ke-                     :   9 dan10
Alokasi Waktu                      :   4 x 45 menit
Nama Guru                           : Fitriyantoro, SE.I

A.      Kompetensi Inti

KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 :
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 :
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.          Kompetensi Dasar dan Indikator

1.1     Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan bangsa Indonesia ditengah keberagaman bahasa dan budaya.
2.5  Menunjukan perilaku jujur, peduli, santun, dan beranggungjawab dalam penggunaan bahasa Indonesia untuk memaparkan konflik  sosial, politik, ekonomi, dan kebijakan publik.

3.5. Mengevaluasi teks eksposisi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
1.  Menentukan kaidah-kaidah teks eksposi
2.  Menentukan struktur teks eksposisi

4.5. Mengonversi teks eksposisi ke dalam bentuk lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulis.       
1.       Membedakan kaidah dan struktur teks ekposisi  
2.       Menyampaikan pendapat setuju dan tidak setuju atas pernyataan kelompok              

C.      TujuanPembelajaran
1.    Peserta didik dapat menunjukkan rasa syukur akan keberadaan bahasa Indonesia yang bisa dipergunakan sebagai alat komunikasi, hiburan, dan kritik sosial.
2.    Peserta didik dapatmenunjukkan penggunaan bahasa Indonesia secara santun.
3.    Peserta didik dapat menentukan kaidah-kaidah teks eksposisi.
4.    Peserta didik dapat menentukan struktur teks eksposisi  
5.    Peserta didik dapat membedakan kaidah dan struktur teks eksposisi
6.    Peserta didik dapat menyampaikan pendapat setuju atau tidak setuju atas pernyataan kelompok.


D.      MateriPembelajaran

1.       Struktur isi dan bahasa teks eksposisi
2.       Langkah-langkah konversi teks eksposisi menjadi teks monolog
3.       Langkah-langkah konversi teks eksposisi menjadi teks drama pendek

E.       MetodePembelajaran

1.       Pendekatan                                  :       Saintifik
2.       Model Pembelajaran                  :       Discovery Learning
3.       Metode                                          :       CurahPendapat, Diskusi, danInkuiri

F.       Media dan Sumber Pembelajaran

1.       Media     :  Teks eksposisi dan teks pidato
2.       Sumber  :Bahasa Indonesia: EkpresiDiridanAkademik. 2013.   Jakarta:Kemendikbud RI.

G.      Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan
DeskripsiKegiatan
AlokasiWaktu
Pendahuluan
1.     Seorangsiswamemimpinsiswalainberdoadenganmenggunakanbahasa Indonesia yang baikdanbenar.
2.     Curahpendapattentanghal-hal yang berkaitandengankonsepstruktur isi dan bahasa teks eksposisi
3.     Curahpendapattentangfungsitekseksposisidalamkehidupansehari-hari.
4.     Mengekspresikan rasa syukurataskeberadaanbahasa Indonesia setelahmenyimaktayangandrama
5.     Guru menyampaikantujuanpembelajaran.
6.     Guru danpesertadidikmenyepakatikegiatan yang akandilakukan.

10 menit

Inti

1.     Mengamati
a.       Pesertadidikmembacatekstentang kaidah-kaidah penulisan teks eksposisi
b.       Pesertadidikmencermati uraian yang berkaitan dengan kaidah-kaidah penulisan teks eksposisi
c.        Peserta didik bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.

2.     Mengeksplorasi
peserta didik mencari dari berbagai sumber informasi tentang kaidah-kaidah penulisan teks eksposisi.

3.     Mengasosiasikan
a.       Pesertadidikmendiskusikantentang kaidah-kaidah penulisan teks eksposisi.
b.       Pesertadidik menyimpulkan hal-hal terpenting dalam kaidah-kaidah penulisan teks eksposisi
4.     Mengomunikasikan
a.       Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok tentang kaidah-kaidah penulisan teks eksposisi.
b.       Pesertadidikmembacakan hasil kerja kelompok di depan kelas dan peserta didik lain memberikan tanggapan
c.        pesertadidik mengonversi teks eksposisi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan .


150 menit
Penutup
1.    Pesertadidikbersama guru menyimpulkanpembelajaran.
2.    Pesertadidikmelakukanrefleksiterhadapkegiatanpembelajaran yang sudahdilakukan.
3.    Pesertadidikdan guru merencanakantindaklanjutpembelajaranuntukpertemuanselanjutnya.

20 menit


H.      Penilaian Proses danHasilPembelajaran

1.       TeknikdanBentukInstrumen

Teknik
Bentuk Instrumen
Observasi
Lembar pengamatan sikap
Tes Tertulis
Tes uraian: mengidentifikasi kata dan kelompok kata yang merupakan bentuk-bentuk penanda kohesi dan pemarkah dalam teks eksposisi
2.       InstrumenPenilaian

a.       LembarPengamatanSikap

No.
Nama
PesertaDidik
TanggungJawab
Peduli
Responsif
Santun
S T
BT
S T
BT
S T
BT
S T
BT
























































































































Keterangan:
ST : sudah tampak
BT : belum tampak
b.       TesUraian
Kerjakan sesuai dengan petunjuk yang diberikan!
1.       Buatlah dua teks eksposisi mengenai tema yang sama. Yang pertama condong ke sisi setuju: yang kedua condong ke sisi tidak setuju!
2.       Ingatlah kembali teks eksposisi digunakan untuk mengungkapkan pendapat. Orang lain diminta untuk menerima pendapat tersebut. Untuk itu, argumentasi yang diberikan harus betul-betul kuat. Buatlah teks eksposisi dengan argumentasi yang tidak dapat dibantah oleh pembaca!
3.       Sajikanlah di depan kelas salah satu teks eksposisi yang telah kalian buat (pendapat dengan sisi setuju di bidang ekonomi atau politik) dalam bentuk kegiatan berpidato resmi. Gunakanlah gaya berpidato seperti gaya Bung Karno, Bung Tomo, atau gaya tokoh pendiri kebangsaan Indonesia lain yang kalian kagumi.

Rubrik penilaian proses
No.
Aspek Penilaian
Skor
Keterangan
1.

Keberanianmenjawab


N1 = (SS : SM) X 100

a.     Menjawabtanpaditunjuk

4-6
SS : skor siswa

b.     Menjawabsetelahditunjuk

2-4
SM : skor maksimal

c.     Tidakmenjawabmeskipuntelahditunjuk

1-2
N : nilai
2.
Ketekunan bekerja

N Total= (N1+N2)/2

a.     Memanfaatkansebagianbesarwaktupembelajaranuntukbekerja
4


b.     Sebagianwaktudigunakanuntukmengobrol
3-4


c.     Frekuensiwaktubekerjadenganaktivitas lain (mengobrol) seimbang
2-3


d.     Lebihseringmengobroldaripadabekerjamenuliscerpen
1-2

Rubrik penilaian hasil
No.
Aspek Penilaian
Skor
Keterangan
1.

Kalimat

Sangat baik – Sempurna: konstruksi kompleks dan efektif; terdapat hanya sedikit kesalahan penggunaan bahasa (urutan/fungsi kata, artikel, pronominal, preposisi)


40-60
N1 = (SS : SM) X 100
SS : skor siswa
SM : skor maksimal
N : nilai

N total= (N1+N2)/2

Cukup-baik:

konstruksisederhana, tetapiefektif; terdapatkesalahankecilpadakonstruksikompleks; terjadisejumlahkesalahanpenggunaanbahasa (fungsi/urutan kata, artikel, pronomena, preposisi), tetapimaknacukupjelas.


20-40



Sedang-cukup:

terjadikesalahanseriusdalamkonstruksikalimattunggal/kompleks (seringterjadikesalahanpadakalimatnegasi, urutan/fungsi kata, artikel, pronominal, kalimatfragmen, pelesapan; maknamembingungkanataukabur.


10-20


Sangatkurang-kurang::

tidakmenguasaitatakalimat; terdapatbanyakkesalahan; tidakkomunikatif;tidaklayakdinilai



2.

StrukturTeks




Sangatbaik- sempurna:

ekspresi lancer; gagasanterungkappadat, denganjelas; tertatadenganbaik; urutanlogis; kohesif

31-40


Cukup-baik:

kuranglancar; kurangterorganisas, tetapi ide utamaternyatakan;pendukungterbatas;logis, tetapitidaklengkap

16-30


Sedang-cukup:

Tidak lancar; gagasan kacau atau tidak terkait; urutan dan pengembangan kurang logis

11-15


Sangat-kurang:

Tidak komunatif; tidak terorganisasi; tidak layak dinilai

5-10


                                       
Tenjo,                        2014

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                          Guru Mata Pelajaran



                        HOSYIANA, SE                                                      FITRIYANTORO, SE.I
                          






























1 komentar:

Anonim mengatakan...

Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-1144-2258 atas nama Drs Tauhid SH.MSI beliaulah yang selama ini membantu perjalan karir saya menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL. alhamdulillah berkat bantuan bapak Drs Tauhid SH.MSI SK saya dan 2 teman saya sudah keluar, jadi teman2 jangan pernah putus asah kalau sudah waktunya tuhan pasti kasih jalan, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..

Posting Komentar

Free Website templatesFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesSEO Web Design AgencyMusic Videos OnlineFree Wordpress Themes Templatesfreethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree Web Templates